Berita Olahraga Bola, UBOcash – Borussia Dortmund hapir saja kalah oleh tim Ingolstadt dalam laga lanjutan pekan kedelapan Bundesliga Jerman di Stadion Audi Sportpark, Sabtu (22/10/2016) malam WIB.

Sebuah gol dari Christian Pulisic pada menit 90+1 memastikan Dortmund setidaknya bisa mendapat poin dari pertandingan tersebut setelah lebih dulu tertinggal 2 gol di babak pertama.

Borussia Dortmund Hampir Dipermalukan Ingolstadt

Ingolstadt mampu unggul cepat lewat gol dari Almog Cohen pada saat laga baru berlangsung 6 menit lewat situasi tendangan bebas. Tendangan bebas Markus Suttner melewati pagar betis yang tak responsif dan berhasil dibelokkan Cohen untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0 bagi tuan rumah.

Menit ke-24 situasi bola mati kembali harus dibayar mahal oleh Dortmund, saat bola tendangan bebas Suttner berhasil disundul oleh Dario Lezcano untuk menambah keunggulan Ingolstadt atas Dortmund.

Ingolstadt terus menyerang namun tak satupun gol tercipta hingga babak pertama selesai.

Di kubu Dortmund, pelatih Thomas Tuchel menurunkan Pulisic usai turun minum untuk menggantikan Park Joo-ho dengan harapan dapat mengubah permainan, disusul Mario Goetze masuk pada menit ke-59 yang menggantikan Gonzalo Castro.

Masuknya Goetze berperan langsung terhadap keberhasilan Dortmund memperkecil kedudukan menjadi 1-2 setelah bola operannya diteruskan kepada Shinji Kagawa yang melanjutkan kepada Ousmane Dembele yang melepaskan umpan silang yang kemudian disundul oleh Pierre-Emerick Aubameyang ke dalam gawang pada menit ke-59.

Namun Ingolstadt langsung membalas dan menjaga keunggulan 2 gol mereka setelah umpan tarik Florent Hadergjonaj berhasil disambut sontekan Lezcano dan mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Pada menit 63 Moritz Hartmann hampir memperbesar keunggulan menjadi 4-1 jika saja bola tendangannya tidak membentur mistar gawang.

Pembenturan mistar gawang tersebut seolah menjadi pertanda buruk bagi tuan rumah, yang keunggulannya kembali terpotong pada menit ke-69 saat Adrian Ramos yang menyambut umpan tarik kiriman dari Pulisic demi mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Selepas gol tersebut Dortmund seolah bangkit dan mengendalikan penuh pertandingan, namun tendangan Felix Passlack masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Orjan Nyland pada menit ke-79. Demikian juga upaya sepakan Goetze yang kembali digagalman Nyland pada menit ke-87.

Dan Pulisic akhirnya bisa menyelamakan Dortmund dari kekalahan setelah berhasil menyambar bola liar hasil upaya penyelamatan tak sempurna Nyland atas bola tandukan Lukasz Piszczek menyambut umpan kiriman Passlack pada menit pertama babak tambahan.

Pada menit ke-90+5, Aubameyang hampir menyempurnakan kebangkitan Dortmund jika saja bola sundulannya meleset dari sasaran.

Dengan hasil imbang ini Borussia Dortmund berada diperingkat keenam klasemen sementara dengan mengemas 14 poin dari delapan laga. Sedangkan Ingolstadt tak beranjak di zona degradasi dengan Raihan 2 poin saja dari delapan pertandingan.