Berita Olahraga Bola, UBOcash – Ceres-Negros telah berhasil menjadi juara Piala AFC zona ASEAN usai meraih kemenangan [dengan skor 2-0] atas Home United pada pertandingan putaran kedua final yang berlangsung di Panaad Park and Stadium, Bacolod, Rabu (9/8) malam WIB.

Ceres Negros Juara Piala AFC Zona ASEAN

Perwakilan Filipina itu memastikan diri sebagai klub Asia Tenggara dengan keunggulan agregat 3-2 atas perwakilan Singapura. Ceres bermain cemerlang di kandang dan mampu membalas kekalahan 2- di putaran pertama sebelumnya.

Hanya membutuhkan waktu dua menit bagi tuan rumah untuk langsung meneken Home United saat bintang muda timnas Filipina, OJ Porteria mencatat gol pembuka usai meneruskan operan Ramsay dari sisi kiri.

Ceres memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan memasuki menit 14 melalui titik putih sesudah adanya operan Ramsay yang menyentuh tangan Abdil Qaiyyim. Sayangnya, eksekusi penalti Fernando Rodriguez terlalu melambung di atas gawang Home United.

Fans Ceres kembali bersorak tiga menit sesudah jeda. Pelanggaran Afiq Yunos pada Porteria terjadi tipis di luar area terlarang, dan sebuah tembakan bebas dilakukan Manuel Ott secara indah dan mengoyak gawang Hassan Sunny.

Tertinggal dua gol, pelatih Home United, Aidil Sharin pun langsung merubah skemanya menjadi lebih ofensif. Marijin Suto dimainkan pada paruh kedua untuk menemani kompatriotnya, Stipe Plazibat.

Beberapa kesempatan telah diciptakan Home United untuk mengejar ketertinggalan melalui aksi Faris Ramli dan Plazibet. Tetapi Roland Muller mampu menjaga gawang Ceres dengan baik sekaligus menggagalkan usaha tim tamu untuk mengejar ketertinggalan.

Ceres menjadi juara zona ASEAN dengan rekor cemerlang yaitu tidak terkalahkan dari 19 pertandingan kandang terakhir di seluruh ajang, termasuk mengalahkan favorit juara asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim di babak semifinal.

Setelahnya, skuad asuh Risto Vidakovic bakal menjadi perwakilan Asia Tenggara untuk melawan tim perwakilan Asia Tengah, FC Istiklol dalam laga play-off semifinal antarwilayah. Pemenang pertandingan itu akan mengamankan tiket lolos ke playoff final antarwilayah melawan tim perwakilan Asia Timur atau Asia Selatan.