Berita Olahraga Bola, UBOcash – Gianluigi Buffon angkat bicara terkait evolusi posisi kiper sepanjang berkarir sekaligus mengungkapkan keyakinannya untuk menjadi juara Piala Dunia 2018 bersama timnas Italia. Legenda Juventus itu mengaku bangga bisa berkarir hingga berusia 40 tahun.

Gianluigi Buffon Yakin Italia Juara Piala Dunia 2018

Pada interview berama Copa90, Buffon membahas perkemangan sepakbola dan penilaiannya terkait timnas Italia tahun ini.

“Saya selalu merasa bahwa sengatlah menarik untuk mendapati sosok pemain yang mampu menghubungkan 40 tahun sepakbola,” kata Buffon. “Saya menjalani awal karir sepakbola bersama pemain yang lahir di era 60-an dan saya akan mengakhirinya bersama mereka yang lahir pada tahun 2000-an.”

“Itu merupakan sesuatu hal yang saya banggakan, sepakbola sudah berubah sangat banyak, kini serasa lebih sulit dan terlepas dari hal tersebut, saya selalu menjadi protagonis.”

“Untuk kiper, permainan sudah berubah dalam hal penggunaan kaki, saat saya masuk, aturan backpass baru saja digunakan. Sebelumnya, kiper hanya perlu membuang bola, namun pada enam atau tujuh tahun terakhir, kiper juga harus ambil bagian dalam permainan, melakukan lemparan akurat atau bahkan melewati pemain.”

“Karena tugas tersebut jauh lebih sulit, kiper harus memiliki tanggung jawab lebih besar.”

Buffon juga mengungkapkan penilaiannya soal peluang Italia menjadi juara Piala Dunia 2018. Meskipun timnas Italia harus melalui playoff, kiper Juventus tersebut yakin timnya akan lolos dan memiliki kesempatan menjuarai turnamen empat tahunan itu.

“Bisakah kami bermimpi menjadi juara? Kami harus berusaha untuknya, saya breharap kami dapat melakukannya. Saat Anda mewakili Italia dan ikut andil dalam konpetisi, Anda tidak bisa tak memimpikan itu. Saya tidak pernah mengawali turnamen dengan pikiran untuk tak memenanginya, sangat manusiasi untuk yakin hal itu,” tutupnya.

Kiper Italia itu juga ikut serta dalam skuad juara Italia yang memenangi Piala Dunia 2006.