Berita Olahraga Bola, UBOcash – Presiden Panama langsung menetapkan hari libur nasional, Rabu (11/10) kemarin sesudah timnas mereka berhasil melangkah ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Ini Pertama Kali Panama Lolos Ke Piala Dunia

Sejatinya Panama hampir tersingkir dan bahkan menjauh dari zona playoff interkontinental sesudah terlihat hanya akan mengakhiri pertandingan kontra Kosta Rika dalam pekan terakhir kualifikasi akhir zona Amerika Selatan dengan skor 1-1.

Namun Roman Torres menjelma menjadi pahlawan berkat golnya dua menit sebelum bubaran laga yang menjadikan kemenangan 2-1 bagi tuan rumah dan membuat publik bersorak. Panama lolos secara langsung dengan menghuni posisi ketiga, menyusul Amerika Serikat yang secara mengejutkan menyerah 2-1 oleh Trinidad & Tobago.

Untuk mengapresiasi prestasi bersejarah timnas sepakbola, presiden Panama, Juan Carlos Varela melalui situs Twitter langsung meneteapkan hari tersebut sebagai libur nasional.

“Suara publik telah terdengar, merayakan hari bersejarah ini bagi Panama. Esok [Rabu] merupakan hari libur nasional,” ungkap Juan Carlos Varela.

“Itu menjadi hari bersejarah Panama. Esok bakal menjadi hari yang bebas bagi para pekerja publik maupun privat.”

“Pada hari libur nasional, kegiatan sekolah pun ditagguhkan baik di sekolah umum ataupun swasta, merayakan momen ini bersama keluarga.”