Berita Olahraga Bola, UBOcash – AS Roma harus membayar mahal setelah tidak lolos dari fase grup Liga Champions. Tim berjulukan I Giallorossi kehilangan potensi pemasukan dari hak siar dan merelakannya kepada Juventus dan Napoli.

Roma dipastikan tersingkir setelah kalah 0-3 dari FC Porto pada partai play-off kedua di Stadion Olimpico, Selasa (23/8/2016). Secara agregat, mereka takluk 1-4.

Juventus dan Napoli Berbahagia di Atas Kekalahan AS Roma

Setelah pertandingan, pelatih Luciano Spalletti mengatakan, “Kami kalah dalam pertandingan sangat penting yang mengubah perjalanan musim ini. Kami harus menanggungnya.”

Penuturan Spalletti berbanding lurus dengan kehilangan Roma secara finansial. Lantaran Roma tersingkir, Roma cuma mendapatkan 10 juta euro (sekitar Rp 149,7 miliar) dari hak siar televisi.

Kegagalan Roma sekaligus menjadi keuntungan untuk Juventus dan Napoli. Sebab, selaku pemegang hak siar di Italia, Mediaset Premium tinggal membagi 100 juta euro (sekitar Rp 1,49 triliun) tersisa kepada dua klub terakhir.

Lebih detailnya, Juventus meraup 27,5 juta euro, sedangkan Napoli mendapatkan 22,5 juta euro. Pembagian 50 juta euro lainnya bakal bergantung sejauh mana Juventus dan Napoli melangkah.

Kedua klub juga bisa menambah pundi-pundi lebih besar lagi melalui uang hadiah dari UEFA. Ambil contoh, saat menembus final pada 2014-2015, Juventus diganjar 89,1 juta euro.