Berita Olahraga Bola, UBOcash – Khama Billiat disandera dan dirampok. Apa yang ia alami tersebut sontak menjadi keprihatinan bagi dunia sepak bola Inggris.

Pemain incaran tim-tim Premier League Khama Billiat berhasil selamat setelah disandera oleh enam perampok bersenjata.

Pemain Liga Afrika Selatan Disandera dan Dirampok

Striker kelahiran Zimbabwe tersebut, yang dianggap sebagai pemain bergaji tertinggi di Liga Utama Afrika Selatan, telah mendapatkan ketertarikan dari Swansea City, Burnley dan Newcastle United.

Bintang dari klub Mamelodi Sundowns itu membantu negaranya mencapai babak final Piala Afrika pada awal tahun ini dan meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik di Afrika Selatan.

Namun pria berusia 26 tahun itu menghadapi cobaan yang mengerikan ketika ia disandera di sebuah pompa bensin di Johannesburg pekan lalu.

Enam pria, yang mengacungkan senapan AK-47, memaksa sang pemain untuk menarik uang tunai dari ATM serta mencuri dompet dan jam tangannya sebelum melepaskannya pergi.

Juru bicara Sundowns Thulani Thuswa mengatakan: “Aku berbicara dengan Billiat, dan ia mengatakan bahwa ia beruntung bisa lolos dengan selamat.”

“Saat itu dia sedang pergi untuk membeli bensin dan listrik prabayar.”

“Kami sangat menyayangkan hal mengerikan tersebut terjadi di negara kami. Dan kami sangat senang Khama tidak terluka sama sekali.”

Billiat sebelumnya mendapatkan saran dari rekan senegaranya, yang merupakan mantan striker Manchester City, Portsmouth dan Blackburn Benjani Mwaruwari, mengenai kepindahannya ke Inggris.

Dia bukan pesepakbola pertama yang mengalami insiden perampokan bersenjata di daerah Johannesburg.

Mantan kiper Afrika Selatan dan Orlando Pirates Senzo Meyiwa, usia 30 tahun, sebelumnya ditembak mati dalam kasus perampokan pada tahun 2014 lalu.