Berita Olahraga Bola, UBOcash – Klub asal Portugal, FC Porto, berhak tampil di fase grup Liga Champions musim 2016-17 usai menang telak 3-0 di kandang AS Roma pad leg kedua babak play-off, Rabu (24/8) dini hari WIB.

Kekalahan tak lepas dari nasib sial yang menghampiri skuat asuhan Luciano Spalletti tersebut. Bagaimana tidak, pada laga ini mereka harus bermain dengan 9 orang akibat dua kartu merah.

Bahkan, dua kartu merah untuk Daniel De Rossi dan Emerson itu diberikan langsung dan bukan merupakan akumulasi kartu kuning. De Rossi diusir pada menit ke-39 dan Emerson pada menit ke-50.

Porto Lolos ke Fase Grup Usai Kalahkan Roma

Akibatnya, Roma yang sejak awal menurunkan formasi menyerang demi mengejar tiket ke fase grup usai bermain imbang 1-1 pada leg 1 di Estadio Do Dragao, dibuat tak berkutik meladeni perlawanan skuat asuhan Nuno Espirito Santo.

Padahal, Roma dalam posisi tertinggal 0-1 akibat gol Felipe pada menit ke-8 dan butuh kekuatan penuh untuk membalas. Mereka pun aktif menyerang dan menciptakan peluang sejak gol pembuka Porto.

Namun, pelanggaran De Rossi yang menerjang kaki kanan bek Porto, Maxi Pereira, membuat wasit mengganjarnya kartu merah langsung. Semua berubah sejak saat itu. Kesialan mulai menghampiri Roma meski hingga turun minum skor 0-1 tidak berubah.

Pada babak kedua, petaka kembali menerjang Roma ketika Emerson, yang baru masuk pada menit ke-42 menggantikan Leandro Daniel Paredes, sudah harus keluar lapangan lagi akibat kartu merah. Emerson diusir lima menit memasuki babak kedua sehingga Roma terpaksa bermain dengan 9 orang.

Minus jumlah pemain hingga dua orang membuat Spalletti mau tidak mau menurunkan tempo serangan. Juan Iturbe dimasukkan guna menggantikan Edin Dzeko, dengan misi mencari celah menyerang melalui kecepatan serangan balik.

Unggul jumlah pemain membuat Porto semakin leluasa melakukan serangan. Pada menit ke-55, Otavio melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang masih bisa dimentahkan kiper AS Roma, Wojciech Szczesny. Begitu pula usaha Sergio Oliveira pada menit ke-61, yang masih gagal karena melebar dari gawang Roma.

Pada menit ke-73, Porto berhasil menggandakan keunggulan melalui Miguel Layun. Menerima umpan Hector Herrera, Layun lalu melepaskan sepakan kaki kanan dari sudut sempit yang bersarang di kiri bawah gawang Roma.

Tak butuh waktu lama bagi Porto untuk kembali mencetak gol. Dua menit berselang, giliran Jesus Manuel Corona yang mencatatkan namanya di papan skor setelah melepaskan sepakan keras yang merobek sudut kiri atas gawang Szczesny.

Roma tak berkutik. Tanpa daya untuk mencetak satu pun gol ke gawang Porto yang dikawal kiper kawakan Spanyol, Iker Casillas. Pada akhirnya, Porto pulang dari Olimpico membawa kemenanga 3-0 dan agregat 4-1 sekaligus tiket menuju fase grup.

Sementara bagi Roma, kekalahan memaksa mereka harus terlempar ke kasta kedua kompetisi antarklub Eropa, yaitu Liga Europa. Italia pun dipastikan hanya memiliki dua wakil di fase grup Liga Champions, Juventus dan Napoli.